Sulasmi, Ni Putu Putri (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN HIRAGANA BERBASIS METODE MNEMONIC PADA SISWA KELAS XI SMAS KARYA WISATA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012061002-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012061002-ABSTRAK.pdf Download (668kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012061002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (270kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012061002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (787kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012061002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012061002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012061002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012061002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012061002-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video pembelajaran Hiragana berbasis metode Mnemonic untuk siswa XI SMAS Karya Wisata, Singaraja, Bali. Media ini menghasilkan lima video pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah model Hannafin dan Peck oleh Supriatna dan Mulyadi (2009) yang terdiri atas tiga fase yaitu fase analisis kebutuhan, fase desain, serta fase pengembangan dan implementasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode (1) observasi, (2) wawancara, (3) kuesioner, (4) angket. Berdasarkan hasil angket, skor yang diperoleh dari ahli materi yaitu 78,3 (sangat sesuai), dari ahli media 95,8 (sangat sesuai). Kemudian skor yang diperoleh dari uji coba pendidik yaitu 97,2 (sangat sesuai) dan uji coba dengan peserta didik yaitu 98,7% (sangat layak). Dengan demikian, video pembelajaran yang dikembangkan ini dapat dijadikan sebagai media penunjang aktivitas pembelajaran huruf Hiragana. Kata Kunci: Media, Hiragana, Mnemonic, Video Pembelajaran, Siswa Kelas XI
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Hiragana, Mnemonic, Video Pembelajaran, Siswa Kelas XI |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Putri Sulasmi |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 02:53 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 02:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20820 |
Actions (login required)
View Item |