PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK INTERAKTIF SEBAGAI BAHAN AJAR INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMAS KARYA WISATA

Artika, Ni Luh Putu Nania (2024) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK INTERAKTIF SEBAGAI BAHAN AJAR INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMAS KARYA WISATA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012061010-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012061010-ABSTRAK.pdf

Download (746kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012061010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (239kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012061010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012061010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012061010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012061010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012061010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012061010-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran bahasa Jepang berupa modul elektronik interaktif dan memvaliditas tingkat kelayakan modul elektronik interaktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan model pengembangan 4D model dari Thiagarajan yang terdiri dari define, design, develove, dan disseminate. Karena keterbatasan penelitian, tahapan disseminate tidak dilakukan. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik mata pelajaran bahasa Jepang dan peserta didik kelas XI SMAS Karya Wisata. Jenis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan angket uji ahli (uji ahli media, uji ahli materi) dan uji coba produk secara terbatas (pendidik dan 12 Peserta didik) agar dapat menghasilkan produk yang optimal. Berdasarkan hasil angket, skor yang diperoleh dari ahli media yakni 96,4 (sangat sesuai), dari ahli materi 87,5 (sangat sesuai). Kemudian, skor yang diperoleh dari uji coba dengan pendidik yakni 100 (sangat sesuai) dan uji coba dengan 12 peserta didik yakni 99,4% (sangat layak). Dengan demikian, media modul elektronik interaktif yang dikembangkan ini dapat dijadikan sebagai penunjang pembelajaran bahasa Jepang, dapat menarik minat siswa dalam belajar bahasa Jepang, serta peserta didik dapat belajar secara mandiri. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Modul Elektronik Interaktif, Model 4D

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran , Modul Elektronik Interaktif , Model 4D
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Ni Luh Putu Nania Artika
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:50
Last Modified: 22 Jul 2024 02:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20821

Actions (login required)

View Item View Item