Artika, Ni Luh Putu Nania (2024) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK INTERAKTIF SEBAGAI BAHAN AJAR INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMAS KARYA WISATA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012061010-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012061010-ABSTRAK.pdf Download (746kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012061010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (239kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012061010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (847kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012061010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012061010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012061010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012061010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012061010-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran bahasa Jepang berupa modul elektronik interaktif dan memvaliditas tingkat kelayakan modul elektronik interaktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan model pengembangan 4D model dari Thiagarajan yang terdiri dari define, design, develove, dan disseminate. Karena keterbatasan penelitian, tahapan disseminate tidak dilakukan. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik mata pelajaran bahasa Jepang dan peserta didik kelas XI SMAS Karya Wisata. Jenis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan angket uji ahli (uji ahli media, uji ahli materi) dan uji coba produk secara terbatas (pendidik dan 12 Peserta didik) agar dapat menghasilkan produk yang optimal. Berdasarkan hasil angket, skor yang diperoleh dari ahli media yakni 96,4 (sangat sesuai), dari ahli materi 87,5 (sangat sesuai). Kemudian, skor yang diperoleh dari uji coba dengan pendidik yakni 100 (sangat sesuai) dan uji coba dengan 12 peserta didik yakni 99,4% (sangat layak). Dengan demikian, media modul elektronik interaktif yang dikembangkan ini dapat dijadikan sebagai penunjang pembelajaran bahasa Jepang, dapat menarik minat siswa dalam belajar bahasa Jepang, serta peserta didik dapat belajar secara mandiri. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Modul Elektronik Interaktif, Model 4D
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran , Modul Elektronik Interaktif , Model 4D |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Nania Artika |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 02:50 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 02:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20821 |
Actions (login required)
View Item |