MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT KAANGGEN NINCAPANG KAWAGEDAN NYURAT AKSARA BALI SISIA KELAS VIII B SMP NEGERI 4 SUKASADA

Santiari, Ni Gst Ayu Nyoman (2024) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT KAANGGEN NINCAPANG KAWAGEDAN NYURAT AKSARA BALI SISIA KELAS VIII B SMP NEGERI 4 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012051007-COVER.pdf

Download (398kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012051007-ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012051007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012051007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012051007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012051007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012051007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012051007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012051007-LAMPIRAN.pdf

Download (587kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang: (1) Tata cara menerapkan model Kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan kemampuan nyurat aksara Bali siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Sukasada, (2) Model Kooperatif tipe TGT dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Sukasada, (3) Pendapat siswa mengenai penerapan model Kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Sukasada. Penelitian ini menggunakan beberapa kajian teori, yaitu: model Kooperatif tipe TGT, Belajar dan Pembelajaran, dan aksara Bali. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Sukasada yang dipilih dengan teknik Simple Random Sampling dan subjek penelitian ini adalah pembelajaran menulis aksara Bali serta kemampuan siswa dalam menulis aksara Bali. Selain itu, penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini, yaitu (1) Hasil tes kemampuan siswa dalam menulis aksara Bali meningkat dari data awal dengan rata-rata 62,78 meningkat pada siklus I dengan rata-rata 74,27 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 81,63. (2) Hasil pendapat siswa pada pembelajaran menulis aksara Bali dengan model Kooperatif tipe TGT meningkat dengan rata-rata 19,66 kategori baik pada siklus I meningkat pada siklus II dengan rata-rata 23,22. Implikasi dari penelitian ini yaitu dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis aksara Bali dan menciptakan suasana belajar yang aktif dan interaktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, kooperatif, menulis, aksara Bali
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa Bali (S1)
Depositing User: Ni Gst Ayu Nyoman Santiari
Date Deposited: 22 Jul 2024 01:58
Last Modified: 22 Jul 2024 01:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20843

Actions (login required)

View Item View Item