Dian, Pande Luh Putu (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI KEDUDUKAN MATAHARI, BUMI DAN BULAN MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715051012-COVER.pdf Download (728kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715051012-ABSTRAK.pdf Download (129kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051012-BAB 1.pdf Download (133kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI)
1715051012-BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1715051012-BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051012-BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051012-BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715051012-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa media pembelajaran interaktif serta mengetahui respon peserta didik dan guru terhadap pegunaan media pembelajaran interaktif berbasis blended learning dengan menggunakan aplikasi Articulate Storyline pada mata pelajaran IPA materi Kedudukan Matahari, Bumi dan Bulan di SMP Negeri 1 Sukasada. Penelitian ini termasuk penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII dan seorang guru pengampu mata pelajaran IPA materi Kedudukan Matahari, Bumi dan Bulan di SMP Negeri 1 Sukasada. Berdasarkan tahapan yang telah dilalui penelitian ini menghasilkan media pembelajaran interaktif dengan perolehan nilai koefisien ahli isi pembelajaran dan ahli desain dan media sebesar 1,00 dengan kriteria “Sangat Valid”. Uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 89,33%, kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 88,56%, dan lapangan memperoleh persentase sebesar 89,15%. Penguian efektivitas dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest, yang memperoleh hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,74 dengan kriteria “Efektif’. Pada uji respon peserta didik dan guru memperoleh hsil rata – rata sebesar 77,41 dan 43 dengan kriteria “Sangat Positif” dan “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA materi Kedudukan Matahari, Bumi dan Bulan sangat valid, efektif, dan layak digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran Interaktif, articulate storyline, blended learning, kedudukan matahari bumi dan bulan |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Pande Luh Putu Dian |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 23:31 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 23:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20909 |
Actions (login required)
View Item |