AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN SIKAP SOSIAL SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KOTA SINGARAJA

Dhermawan, Ketut Canggih (2024) AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN SIKAP SOSIAL SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KOTA SINGARAJA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229091004-COVER.pdf

Download (972kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229091004- ABSTRAK.pdf

Download (513kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229091004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (517kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229091004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229091004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229091004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229091004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229091004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (546kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229091004-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis karakteristik aktivitas pembelajaran yang diimplementasikan guru dalam membelajarkan IPS pada SMP Negeri di kota Singaraja, (2) menganalisis motivasi belajar siswa sebagai implikasi dari aktivitas pembelajaran yang diterapkan guru dalam membelajarkan IPS pada SMP Negeri di kota Singaraja, (3) menganalisis sikap sosial siswa sebagai implikasi dari aktivitas pembelajaran yang diterapkan guru dalam membelajarkan IPS pada SMP Negeri di kota Singaraja, dan (4) menganalisis implikasi karakteristik aktivitas pembelajaran IPS secara simultan terhadap motivasi belajar siswa dan sikap sosial siswa pada SMP Negeri di kota Singaraja. Berkenaan dengan itu, dirancang penelitian menggunakan desain korelasional berparadigma ganda. Penentuan sampel menggunakan Multistage Random Sampling. Sekolah sampel (tiga SMP Negeri di kota Singaraja) ditentukan menggunakan Puposive Area dan Random Sampling dan sampel kelas ditentukan menggunakan Puposive dan Random Sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Aktivitas pembelajaran yang diimplementasikan guru dalam membelajarkan IPS pada SMP Negeri di kota Singaraja terkategori sangat baik dengan nilai rata-rata 86,89, (2) Aktivitas pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar Siswa dalam pembelajaran IPS pada SMP Negeri di kota Singaraja (Fhitung = 101,711 > Ftabel = 3,94) dengan kontribusi sebesar 50,2%, (3) Aktivitas pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap sikap sosial siswa dalam pembelajaran IPS pada SMP Negeri di kota Singaraja (Fhitung = 63,041 > Ftabel = 3,94) kontribusi sebesar 42,6%, dan (4) Karakteristik aktivitas pembelajaran IPS berpengaruh secara simultan terhadap motivasi belajar dan sikap sosial siswa pada SMP Negeri di kota Singaraja (Fhitung = 90,351 > Ftabel = 3,09) dengan kontribusi sebesar 64,4%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, sikap sosial, aktivitas pembelajaran ips
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: Ketut Canggih Dhermawan
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:38
Last Modified: 23 Jul 2024 02:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20917

Actions (login required)

View Item View Item