PENGARUH METODE KUNJUNGAN LAPANGAN MELALUI BERMAIN MESSY PLAY DAN KEMAMPUAN SOSIAL UNTUK MENGOPTIMALKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK KELOMPOK B

Zeptyani, Putu Ayu Ditha (2024) PENGARUH METODE KUNJUNGAN LAPANGAN MELALUI BERMAIN MESSY PLAY DAN KEMAMPUAN SOSIAL UNTUK MENGOPTIMALKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK KELOMPOK B. Masters thesis, universitas pendidikan ganesha.

[img] Text (COVER)
2229171001-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229171001-ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229171001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (450kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229171001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229171001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229171001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229171001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229171001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (524kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229171001-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode kunjungan lapangan melalui bermain messy play dan kemampuan sosial untuk mengoptimalkan kecerdasan naturalis anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain post-test only control group. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis dengan ANAVA dua jalur dengan berbantuan aplikasi SPSS. Populasi penelitian ini adalah 106 anak TK B gugus II Kecamatan Penebel. Kelas yang setara diambil 1 kelas untuk kelompok konrol dan 1 kelas untuk kelompok eksperimen dengan total sebanyak 44 anak. Data kemampuan sosial dan kecerdasan naturalis diambil dengan lembar cek list dengan dengan rating scale 1-4. Hasil analisis ANAVA dua arah pada penelitian ini menunjukkan penelitian menunjukkan: (1) Nilai sig pada Kelas * Kemampuan Sosial sebesar 0.000, karena nilai sig < 0.05 maka dapat diartikan terdapat perbedaan kecerdasan naturalis antara kelompok yang menerapkan metode Kunjungan Lapangan melalui bermain Messy Play dengan kelompok yang menerapkan metode konvensional; (2) Nilai sig pada Kelas * Kemampuan Sosial sebesar 0.009, karena nilai sig < 0.05 maka dapat diartikan bahwa terdapat interaksi antara metode Kunjungan Lapangan melalui bermain Messy Play dan kemampuan sosial terhadap kecerdasan naturalis anak; (3) Nilai sig sebesar 0.000, karena nilai sig < 0.05 maka dapat diartikan pada anak yang memiliki kemampuan sosial tinggi, terdapat perbedaan kecerdasan naturalis antara kelompok yang menerapkan metode Kunjungan Lapangan melalui bermain Messy Play dengan kelompok yang menerapkan metode konvensional; (4) Nilai sig sebesar 0.102, karena nilai sig > 0.05 maka dapat diartikan pada anak yang memiliki kemampuan sosial rendah, terdapat perbedaan kecerdasan naturalis antara kelompok yang menerapkan metode Kunjungan Lapangan melalui bermain Messy Play dengan kelompok yang menerapkan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Kunjungan Lapangan, Messy Play, Kecerdasan Naturalis, Kemampuan Sosial, Anak Usia Dini
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Putu Ayu Ditha Zeptyani
Date Deposited: 23 Jul 2024 00:43
Last Modified: 23 Jul 2024 00:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20925

Actions (login required)

View Item View Item