PENGEMBANGAN E-BOOK IPAS BERBASIS INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL PESERTA DIDIK KELAS 4 SDN 3 KERTHA MANDALA

Kandi, Ni Nyoman Andi Sri (2024) PENGEMBANGAN E-BOOK IPAS BERBASIS INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL PESERTA DIDIK KELAS 4 SDN 3 KERTHA MANDALA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031295-COVER.pdf

Download (517kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031295-ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031295-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031295-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031295-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031295-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031295-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031295-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031295-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi validitas pengembangan media E-book berbasis Inquiry learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik kelas 4 di SDN 3 Kertha Mandala dengan mengidentifikasi tingkat validitas dan relevansi media tersebut dalam mendukung proses pembelajaran, untuk mengukur tingkat kepraktisan media E-book Inquiry learning dalam penggunaannya oleh guru dan siswa, termasuk identifikasi kendala atau perbaikan yang mungkin diperlukan untuk meningkatkan penggunaan praktisnya, serta untuk menilai keefektifan E-book Inquiry learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik kelas 4 di SDN 3 Kertha Mandala dengan mengukur perbedaan hasil belajar sebelum dan setelah penggunaan E-book tersebut serta menganalisis dampaknya terhadap kemampuan HOTS peserta didik. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini ialah 17 orang peserta didik kelas 4 di SDN 3 Kertha Mandala. Instrumen yang dipakai berupa kuesioner dan tes. Analisis data dalam penelitian ini dengan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif yaitu menggunakan paired t test yang mana bertujuan untuk mendapatkan secara langsung hasil perbedaan nilai pretest dan postest. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV di SDN 3 Kertha Mandala serta untuk objek penelitian yaitu di SD N 3 Kertha Mandala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-bookIPAS berbasis Inquiry learning valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Analisis efektivitas e-book juga menunjukkan peningkatan signifikan sebanyak 20,33% dalam kemampuan HOTS peserta didik setelah menggunakan e-book . Sehingga kedepan metode ini layak untuk direalisasikan secara berkelanjutan. Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu siswa kelas 4 di SD Negeri 3 Kertha Mandala mengalami eskalasi pendidikan setalah dilakukan pembelajaran berbasis e-book IPAS. Dari hasil penelitian juga siswa mengalami kenaikan nilai sehingga metode pembelajaran ini layak untuk dilanjutkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: E-book, Inquiry learning, Kemampuan HOTS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI NYOMAN ANDI SRI KANDI
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:42
Last Modified: 23 Jul 2024 07:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20973

Actions (login required)

View Item View Item