Adnyana, Komang Putra (2020) PENGARUH PENDEKATAN VISUAL THINKING TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TEJAKULA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1313011110-COVER.pdf Download (789kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1313011110-ABSTRAK.pdf Download (103kB) |
|
Text (BAB 1)
1313011110-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (232kB) |
|
Text (BAB 2)
1313011110-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
1313011110-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
1313011110-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
1313011110-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1313011110-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
|
Text (LAMPIARAN)
1313011110-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan visual thinking dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian post-test only control group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tejakula tahun ajaran 2019/2020. Sebelum melakukan penelitian, sampel penelitian harus diuji terlebih dahulu kesetaraannya. Data yang digunakan dalam melakukan uji kesetaraan adalah nilai Ulangan Akhir Semester siswa kelas semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling untuk memperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan pemecahan masalah matematika yang diberikan kepada siswa dalam bentuk tes uraian. Dari data post-test diperoleh rata-rata skor keterampilan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan visual thinking adalah 67.361 dan rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah 60.571. Dari hasil analisis data menggunakan uji-t satu ekor dengan taraf signifikansi 5% menunjukan bahwa . Hal ini berarti keterampilan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan visual thinking lebih tinggi daripada keterampilan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan visual thinking memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Pemecahan Masalah, pendekatan Pembelajaran Konvensional, pendekatan Pembelajaran visual thinking |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Komang Putra Adnyana |
Date Deposited: | 23 Jul 2020 08:18 |
Last Modified: | 23 Jul 2020 08:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2101 |
Actions (login required)
View Item |