Pengembangan E-book Berpendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SD Negeri 4 Kubutambahan Kabupaten Buleleng Tahun Ajaran 2023/2024

Kholifah, Isna Nur (2024) Pengembangan E-book Berpendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SD Negeri 4 Kubutambahan Kabupaten Buleleng Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011021011-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011021011-ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011021011-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (389kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011021011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011021011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011021011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011021011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011021011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011021011-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan rancang bangun E-book dengan model ADDIE berpendekatan kontekstual pada muatan pelajaran IPAS untuk siswa Kelas V SD Negeri 4 Kubutambahan Tahun Ajaran 2023/2024, (2) mengetahui hasil uji validitas E-book dengan model ADDIE berpendekatan kontekstual pada muatan pelajaran IPAS untuk siswa Kelas V SD Negeri 4 Kubutambahan Tahun Ajaran 2023/2024, (3) mengetahui efektivitas penggunaan E-book dengan model ADDIE berpendekatan kontekstual pada pada muatan pelajaran IPAS untuk siswa Kelas V SD Negeri 4 Kubutambahan Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang meliputi lima tahapan sistematis didalamnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses rancang bangun pengembangan E-book berpendekatan kontekstual ini dikembangkan melalui tahap model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, (2) E-book berpendekatan kontekstual valid dengan (a) hasil review uji ahli isi mata pelajaran diperoleh skor 98% dengan kualifikasi sangat baik (b) uji ahli desain pembelajaran diperoleh skor sebesar 94% dengan kualifikasi sangat baik (c) uji ahli media pembelajaran diperoleh skor 90,66% dengan kualifikasi sangat baik (d) uji coba perorangan memperoleh skor sebesar 91,33% dengan kualifikasi sangat baik (e) uji coba kelompok kecil memperoleh skor sebesar 94% dengan kualifikasi sangat baik, (3) E-book berpendekatan kontekstual efektif digunakan dalam pembelajaran IPAS kelas V SD Negeri 4 Kubutambahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E-book, Pendekatan Kontekstual, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Isna Nur Kholifah
Date Deposited: 24 Jul 2024 01:58
Last Modified: 25 Jul 2024 00:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21036

Actions (login required)

View Item View Item