Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas V SDN 2 Banjar Tegal Singaraja

Amelinda, Jovita (2024) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas V SDN 2 Banjar Tegal Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011021027-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011021027-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011021027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011021027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011021027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011021027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011021027-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011021027-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011021027-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis problem based learning, (2) mengetahui validitas pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis problem based learning, (3) mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran interaktif berbasis problem based learning pada mata pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas V SDN 2 Banjar Tegal. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ASSURE. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Proses rancang bangun pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis problem based learning dikembangkan melalui model ASSURE yang terdiri atas enam tahapan yaitu tahap analisis siswa, menetapkan tujuan pembelajaran, memilih metode, media dan materi, memanfaatkan materi dan media pembelajaran, melibatkan siswa dalam proses belajar, dan evaluasi dan revisi (2) Validitas multimedia pembelajaran interaktif dari hasil uji ahli isi pembelajaran sebesar 97% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli desain pembelajaran sebesar 98% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan sebesar 88,9% dengan kualifikasi baik, uji coba kelompok kecil sebesar 90,54% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba lapangan memperoleh skor sebesar 95,15% dengan kualifikasi sangat baik (3) multimedia pembelajaran interaktif berbasis problem based learning efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas V SDN 2 Banjar Tegal. Kata kunci: Pengembangan, Multimedia Pembelajaran Interaktif, Problem Based Learning, Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Pembelajaran Interaktif, Problem Based Learning, Bahasa Inggris.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Jovita Amelinda
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:06
Last Modified: 24 Jul 2024 02:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21052

Actions (login required)

View Item View Item