PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD

Juliantari, Ni Ketut Warmi (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031293-COVER.pdf

Download (833kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031293-ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031293-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (256kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031293-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031293-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031293-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031293-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031293-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031293-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun menghasilkan produk lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata Pelajaran IPAS kelas IV sekolah dasar yang teruji validitas, kepraktisan, serta keefektivitasnya. Penelitian ini berpedoman pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analysis), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Penelitian ini menggunakan desain one group pre test-post test. Subjek pengembangan pada penelitian ini adalah produk pengembangan berupa LKPD berbasis model problem based learning muatan IPAS dengan validitas, kepraktisan, dan efektivitas media sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan uji validitas yang dilakukan mendapatkan kualifikasi sangat baik dengan hasil 96,67% untuk uji ahli media pembelajaran, hasil 96,36% untuk uji ahli desain pembelajaran dah hasil 96,92 untuk uji ahli isi/materi pembelajaran. Selain itu dilakukan penarikan respon praktisi dan respon siswa dengan kualifikasi sangat baik, yaitu mendapatkan hasil 100% untuk respon praktisi dan 96,92% untuk respon siswa. Hasil uji efektivitas dengan Teknik uji-t berkolerasi diperoleh siginifikansi (Sig. 2-tailed) 0,000>0,005, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa LKPD muatan IPAS berbasis problem based learning dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran serta efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : LKPD, Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Ketut Warmi Juliantari
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:09
Last Modified: 24 Jul 2024 02:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21054

Actions (login required)

View Item View Item