Pratama, Gede Prediana (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS I KECAMATAN MARGA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031285-COVER.pdf Download (693kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031285-ABSTRAK.pdf Download (307kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031285-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (287kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031285-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031285-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031285-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031285-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031285-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031285-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yaitu eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dan rancangan yang digunakan dalam penelitian adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD di Gugus I Kecamatan Marga Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari empat sekolah dengan jumlah siswa 48 orang dijadikan sebagai populasi penelitian. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis Simple Random Sampling dengan hasil yang didapatkan yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Tua yang berjumlah 24 orang sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 2 Baru yang berjumlah 11 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda yang berjumlah 30 butir soal. Data tersebut dianalisis menggunakan uji-t dengan hasil yang didapatkan yaitu t_hitung = 4,990 dan t_tabel = 2,034. Kriteria pengujian menunjukan t_hitung (4,990) > t_tabel (2,034) sehingga H_1 diterima dan H_0 ditolak. Kesimpulan dari hasil analisis data dalam penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Marga tahun pelajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif, STAD, Video Pembelajaran, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | GEDE PREDIANA PRATAMA |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 02:14 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 02:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21061 |
Actions (login required)
View Item |