Afdhol, Mohammad (2024) PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 2D SEJARAH KERAMAT KUSAMBA (HABIB ALI BIN ABU BAKAR AL-HAMID) DALAM MENYEBARKAN AGAMA ISLAM DI KUSAMBA, KLUNGKUNG, BALI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715051078-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715051078-ABSTRAK.pdf Download (340kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051078-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (314kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051078-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (832kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051078-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (876kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051078-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051078-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051078-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (294kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715051078-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan film animasi 2D sejarah Keramat Kusamba (Habib Ali Bin Abu Bakar Al-Hamid) dalam menyebarkan ajaran agama Islam di Kusamba, Klungkung, Bali. Selain itu tujuan dari penelitian ini juga untuk menganalisis respons masyarakat terhadap film animasi yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) melalui model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, Distribution). Yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu masyarakat umum yang beragama Islam. Angket yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket uji ahli isi, uji ahli media, dan respons pengguna. Untuk masing-masing angket memiliki indikator-indikator penilaian yang digunakan sebagai aspek dalam melakukan penilaian terhadap produk yang dikembangkan. Berdasarkan pengujian hasil pengukuran dari uji ahli isi mendapatkan respons sebanyak 0,83 dengan kriteria bagus. Kemudian berdasarkan pengujian hasil pengukuran dari uji ahli media mendapatkan respons sebanyak 0,83 dengan kriteria bagus. Untuk uji respons pengguna dilakukan kepada masyarakat yang beragama Islam sebanyak 40 responden dan menggunakan rumus skala Likert, dengan hasil persentase rata-rata sebesar 80% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah sudah berhasil dalam mengembangkan film animasi 2D dengan kriteria bagus dan mendapatkan respons sangat bagus dari masyarakat atau responden.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Animasi 2D, Keramat Kusamba, Multimedia Development Life Cycle |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | MOHAMMAD AFDHOL |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 07:36 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 07:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21138 |
Actions (login required)
View Item |