PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 2D SEJARAH KERAMAT KUSAMBA (HABIB ALI BIN ABU BAKAR AL-HAMID) DALAM MENYEBARKAN AGAMA ISLAM DI KUSAMBA, KLUNGKUNG, BALI

Afdhol, Mohammad (2024) PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 2D SEJARAH KERAMAT KUSAMBA (HABIB ALI BIN ABU BAKAR AL-HAMID) DALAM MENYEBARKAN AGAMA ISLAM DI KUSAMBA, KLUNGKUNG, BALI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051078-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051078-ABSTRAK.pdf

Download (340kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051078-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (314kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051078-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051078-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (876kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051078-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051078-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051078-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051078-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan film animasi 2D sejarah Keramat Kusamba (Habib Ali Bin Abu Bakar Al-Hamid) dalam menyebarkan ajaran agama Islam di Kusamba, Klungkung, Bali. Selain itu tujuan dari penelitian ini juga untuk menganalisis respons masyarakat terhadap film animasi yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) melalui model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, Distribution). Yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu masyarakat umum yang beragama Islam. Angket yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket uji ahli isi, uji ahli media, dan respons pengguna. Untuk masing-masing angket memiliki indikator-indikator penilaian yang digunakan sebagai aspek dalam melakukan penilaian terhadap produk yang dikembangkan. Berdasarkan pengujian hasil pengukuran dari uji ahli isi mendapatkan respons sebanyak 0,83 dengan kriteria bagus. Kemudian berdasarkan pengujian hasil pengukuran dari uji ahli media mendapatkan respons sebanyak 0,83 dengan kriteria bagus. Untuk uji respons pengguna dilakukan kepada masyarakat yang beragama Islam sebanyak 40 responden dan menggunakan rumus skala Likert, dengan hasil persentase rata-rata sebesar 80% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah sudah berhasil dalam mengembangkan film animasi 2D dengan kriteria bagus dan mendapatkan respons sangat bagus dari masyarakat atau responden.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Animasi 2D, Keramat Kusamba, Multimedia Development Life Cycle
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: MOHAMMAD AFDHOL
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:36
Last Modified: 24 Jul 2024 07:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21138

Actions (login required)

View Item View Item