Darmawan, I Gede Arias (2024) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH TEORI PRAKTEK PEMBELAJARAN BOLA VOLI DAN BOLA VOLI PASIR DI PROGRAM STUDI PENJASKESREK UNDIKSHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715051116_COVER.pdf Download (689kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715051116_Abstrak.pdf Download (96kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051116_BAB I.pdf Download (115kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI)
1715051116_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1715051116_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051116_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051116_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051116_Daftar Pustaka.pdf Download (93kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715051116_Lampiran.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konten pembelajaran interaktif dan mengetahui respon mahasiswa serta dosen terhadap pengembangan konten pembelajaran interaktif pada mata kuliah TP Pembelajaran Bola voli dan bola voli pasir dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning yang dilaksanakan untuk Prodi Penjaskesrek Undiksha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah reseacrh and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu analyze, design, development, implementation and evaluation. Penelitian ini dilakukan di kelas A Penjaskesrek Undiksha pada 30 orang peserta didik dan seorang dosen pengampu mata kuliah TP Pembelajaran Bola Voli dan Bola Voli Pasir. Pada tahap pengambilan data menggunakan instrument angket dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan untuk uji kevalidan konten pembelajaran dari hasil perhitungan validasi ahli yaitu ahli isi, media dan desain pembelajaran mendapatkan rata-rata skor sebesar 1,00 dengan kriteria “sangat valid”. Hasil perolehan nilai N-Gain untuk memperoleh keefektifan media pembelajaran interaktif berstrategi Blended Learning yaitu 0,72 dengan kriteria “efektif” serta hasil rata-rata respon guru dan peserta didik untuk mendapatkan kepraktisan media pembelajaran interaktif berstrategi Blended Learning sebesar 67,1 dan 48 dengan kriteria “sangat praktis”. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berstrategi Blended learing pada mata kuliah TP Pembelajaran Bola Voli dan Bola Voli Pasir telah memenuhi kriteria kualitas produk yaitu kevalidan (sangat valid), keefektifan (efektif) dan kepraktisan (sangat praktis). Kata Kunci: Blended Learning, ADDIE, Konten Pembelajaran Interaktif, Program Studi Penjaskesrek Undiksha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended learning,ADDIE,Konten Pembelajaran Interaktif,Program Studi Penjaskesrek |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I Gede Arias Darmawan |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 22:02 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 22:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21183 |
Actions (login required)
View Item |