PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI INTERAKTIF MENGGUNAKAN ANIMAKER TERINTEGRASI EDPUZZLE PADA MATERI SISTEM SARAF MANUSIA KELAS XI SMA

Darma, Sang Nyoman Putra (2024) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI INTERAKTIF MENGGUNAKAN ANIMAKER TERINTEGRASI EDPUZZLE PADA MATERI SISTEM SARAF MANUSIA KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013041018-COVER.pdf

Download (740kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013041018-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013041018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (301kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013041018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013041018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013041018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013041018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013041018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013041018-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) rancang bangun video animasi interaktif menggunakan animaker terintegrasi edpuzzle; (2) validitas video animasi interaktif pada materi sistem saraf manusia; (3) kepraktisan video animasi interaktif sebagai media pembelajaran pada materi sistem saraf manusia kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 3 tahapan yang dilakukan yaitu tahapan analisis, perancangan, dan pengembangan. Uji penelitian ini terdiri atas uji validitas dan uji kepraktisan. Subjek uji validitas terdiri atas ahli materi dan ahli media sebagai validator dan siswa kelas XI sebagai subjek uji kepraktisan yang terdiri atas 3 (tiga) orang siswa sebagai uji coba perorangan dan 9 (sembilan) orang siswa sebagai uji coba kelompok kecil. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan penyebaran angket. Instrumen pengumpulan data terdiri atas pedoman wawancara, angket validasi ahli materi dan media, serta angket uji kepraktisan. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan video animasi interaktif. Hasil penelitian ini yaitu (1) video animasi interaktif berdurasi 10 menit dengan bagian pembuka, isi, dan penutup; (2) validitas video animasi interaktif sangat valid dengan persentase validitas ahli materi sebesar 92,14% dan validitas ahli media sebesar 97,71%; (3) kepraktisan video animasi interaktif sebesar 96,84% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan penelitian tersebut, disimpulkan bahwa video animasi interaktif sangat valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran Biologi khususnya pada materi sistem saraf manusia kelas XI di SMA Negeri 2 Bangli. Kata kunci: Video Animasi Interaktif, Edpuzzle, Sistem Saraf Manusia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Animasi Interaktif, Edpuzzle, Sistem Saraf Manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sang Nyoman Putra Darma
Date Deposited: 24 Jul 2024 16:18
Last Modified: 24 Jul 2024 16:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21197

Actions (login required)

View Item View Item