Sukmastiani, Kadek Swasty (2024) DEVELOPMENT DIFFERENTIATED ASSESSMENT INSTRUMENT OF EMANCIPATED CURRICULUM FOR GRADE 9 IN JUNIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011021188-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011021188-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011021188-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011021188-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011021188-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011021188-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011021188-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (902kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011021188-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011021188-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Pada pelaksanaan kurikulum, tentu saja tidak terlepas dari kegiatan penilaian. Penilaian membantu para guru untuk mengetahui kemampuan dan pemahaman siswa dalam menerima materi. Pemerintah sangat gencar untuk membuat kurikulum baru untuk mengejar hal yang terlewatkan pada kurikulum sebelumnya. Saat ini, pemerintah sudah menerbitkan kurikulum terbaru dengan nama Emancipated Curriculum. Kurikulum ini mempunyai beberapa penilaian yang hanpir mirip dengan kurikulum sebelumnya. Penilaian yang dimaksud adalah penilaian diagnostic, penilaian formatif, dan penilaian sumatif. Penilaian ini bertujuan untuk membantuk mengembangakan penilaian berdiferensiasi di sekolah dan sesuai dengan gaya belajar siswa yang beragam. Penelitian ini menggunakan metode Design and Development atau D&D yang dikemukakan oleh Richey and Klein’s (2007). Ada empat tahapan dalam pengembangan produk yaitu Analysis, Design, Development, and Evaluation atau disebut dengan ADDE. Pengumpulan data dilakukan di SMPN 1 Seririt, dengan 38 responden yang terbagi dari 37 siswa dan 1 guru bahasa inggris. Data yang dihasilkan dianalisis dengan metode campuran atau campuran antara kualitatif dan kuantitatif. Pada saat mengumpulan data, penulis menggunakan beberapa instrument seperti observasi, wawancara, kuesioner, dan analisis dokumen. Lalu, pada tahap Design, penulis membuat matrix sebagai dasar pembuatan produk berdasarkan ATP yang sudah dianalis sebelumnya. Pada tahap development, instrument assessment yang dikembangkan disesuaikan berdasarkan matrix yang dibuat sebelumnya. Instrument ini terdiri dari tujuan pembelajaran, topik, pembelajaran, jenis gaya belajar, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan instrument assessment. Setelah produk siap, masuklah ke tahap evaluation, dimana pada tahap ini produk akan dinilai oleh tiga juri yang terdiri dari dua dosen dan satu guru bahasa inggris. Hasil dari penilaian juri ini menghasilkan bahwa produk yang dibuat sudah layak digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian berdiferensiasi, kurikulum merdeka, gaya belajar, metode pembelajaran, guru dan siswa kelas 9 SMP. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Kadek Swasty Sukmastiani |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 21:29 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 21:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21219 |
Actions (login required)
View Item |