PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBASIS TAT TWAM ASI TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V SEKOLAH NEGERI GUGUS IV KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG TAHUN AJARAN 2019/2020

Agustini, Kadek Dwi intan (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBASIS TAT TWAM ASI TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V SEKOLAH NEGERI GUGUS IV KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031009-COVER.pdf

Download (314kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031009-ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (139kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031009-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya kompetensi pengetahuan IPS yang dimiliki siswa akibat kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, hal ini menjadi salah satu alasan penelitian ini dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing berbasi tat twam asi terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPS. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent post-test only control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus IV Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng yang berjumlah 5 kelas dengan jumlah 172 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu SD Negeri 1 Banyuasri sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 35 siswa dan SD Negeri 5 Banyuasri sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 32 siswa yang diambil dengan teknik group desain random sampling. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPS dilakukan dengan menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji t-test polled varians. Setelah menganalisis data diperoleh thitung sebesar 8,99 sedangkan ttabel sebesar 3,99, sehingga thitung lebih besar daripada ttabel. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran role playing berbasis tat twam asi berpengaruh signifikan terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPS. Model ini bisa dijadikan pilihan oleh guru sebagai alternatif dalam kegiatan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: role playing, tat twam asi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Dwi Intan Agustini
Date Deposited: 24 Jul 2020 03:41
Last Modified: 24 Jul 2020 03:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2124

Actions (login required)

View Item View Item