PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL PHET TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 SINGARAJA

Dewi, Ni Komang Trisna (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL PHET TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013021012-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013021012-ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013021012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013021012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013021012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013021012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013021012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013021012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013021012-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model discovery learning berbantuan laboratorium virtual dengan siswa yang belajar dengan model konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian “one way pretest-posttest non-equivalent control gruoup design.” Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Singaraja sebanyak 138 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan teknik random assignment dan terpilih 2 kelas sebagai sampel, yaitu kelas XIB dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas XIC dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar diukur menggunakan instrumen soal pilihan ganda dengan reliabilitas sebesar 0,7768 dan kosistensi internal tes berkisaran dari 0,31-0,72. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis kovarian, dan uji lanjut LSD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kelompok eksperimen dengan perlakuan model discovery learning berbnatuan laboratorium virtual memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 81,21 (SD = 8,48), sedangkan kelompok kontrol dengan perlakuan model konvensional memperoleh nilai rata-rata sebesar 71,67 (SD = 9,02). Hasil uji analisis kovarian (ANAKOVA) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model discovery learning berbantuan laboratorium virtual dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional dengan nilai Fhitung sebesar 95.788 (α<0,05). (2) Hasil uji lanjut LSD diperoleh bahwa ∆μ=8.162 lebih besar dari nilai LSD hitung yang besarnya 2,71, sehingga model discovery learning berbantuan laboratorium virtual berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan model konvensional. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model discovery learning berbantuan laboratorium virtual dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: discovery learning, laboratorium virtual, hasil belajar fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: NI KOMANG TRISNA DEWI
Date Deposited: 25 Jul 2024 01:30
Last Modified: 25 Jul 2024 01:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21244

Actions (login required)

View Item View Item