PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP NEGERI 1 BANJAR

Budiartini, Ni Luh Erna (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP NEGERI 1 BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051056_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051056_ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051056_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051056_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051056_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051056_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051056_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051056_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051056_LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon guru serta peserta didik terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris pada materi Simple Present Tense dan Present Continuous Di SMP Negeri 1 Banjar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah reseacrh and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Banjar di kelas VII A dengan jumlah peserta didik sebanyak 31 orang dan seorang guru pengampu mata pelajaran Bahasa Inggris. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli media dan ahli isi, angket uji perorangan, angket uji lapangan dan uji efektivitas. Hasil perhitungan rata-rata yang didapatkan dari pengujian ahli media dan ahli isi sebesar 1,00 yang jika dikonversikan ke table kriteria rata-rata uji ahli pada tabel membuktikan tingkat validitas yang “Sangat Tinggi”. Persentase yang diperoleh pada uji perorangan sebesar 89%, dan persentase yang diperoleh pada uji lapangan sebesar 88%. Dan pada uji efektivitas yang dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest memperoleh hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,71 yaitu masuk kedalam kriteria interprestasi tinggi. Berdasaran pada hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan kualitas produk yang valid, praktis dan efektif untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas VII. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Mata Pelajaran Bahasa Inggris, Simple Present Tense dan Present Continuous, SMP Negeri 1 Banjar, Blended Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Mata Pelajaran Bahasa Inggris, Simple Present Tense dan Present Continuous, SMP Negeri 1 Banjar, Blended Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: NI LUH ERNA BUDIARTINI
Date Deposited: 25 Jul 2024 12:45
Last Modified: 25 Jul 2024 12:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21321

Actions (login required)

View Item View Item