Suninica, I Putu Evayana (2024) ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT DAN RELEVANSINYA DI DALAM PEMBELAJARAN BAGI PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2229011009-COVER)
2229011009-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (2229011009-ABSTRAK)
2229011009-ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text (2229011009-BAB 1 PENDAHULUAN)
2229011009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (2229011009-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229011009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (2229011009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229011009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (2229011009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229011009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (2229011009-BAB 5 PENUTUP)
2229011009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (2229011009-DAFTAR PUSTAKA)
2229011009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text (2229011009)
2229011009-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang terkandung dalam cerita rakyat yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran sastra di SMP Negeri 2 Mengwi, dan relevansi di dalam pembelajaran bagi pengembangan karakter siswa SMP. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 cerita rakyat nusantara, sedangkan objek penelitian yaitu nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam cerita rakyat yang digunakan olehguru dalam pembelajaran sastra di SMP. Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Setelah melakukan analisis data menggunakan metode triangulasi data ditemukan nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat yang dipilih serta memiliki relevansi terhadap pendidikan karakter siswa di SMP. Masing-masing cerita rakyat dalam penelitian ini banyak memiliki kandungan nilai karakter yang sesuai dengan profil pelajar pancasila. Kandungan nilai karakter yang terdapat dari masing-masing cerita rakyat tentu ada yang bersifat positif dan bersifat negatif. Cerita rakyat yang mengandung nilai karakter positif tersebut dapat dijadikan sebagai contoh dan yang bersifat negatif tentu ditinggalkan, sehingga cerita rakyat yang dipakai memungkinkan untuk dijadikan sebagai materi pembelajaran sastra dalam pengembangan karakter siswa. Ditemukan relevansi dalam pembelajaran bagi pengembangan karakter siswa SMP Negeri 2 Mengwi, cerita rakyat memiliki dimensi sesuai dengan profil pelajar pancasila.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cerita rakyat, pendidikan karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2) |
Depositing User: | I Putu Evayana Suninica |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 11:28 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 11:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21355 |
Actions (login required)
View Item |