Waruwu, Ayu Asmara (2024) Pengembangan E-modul Berpendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada Materi Larutan Penyangga. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813031021-COVER.pdf Download (409kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813031021-ABSTRAK.pdf Download (34kB) |
|
Text (BAB1 PENDAHULUAN)
1813031021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (72kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813031021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813031021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813031021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813031021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813031021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813031021-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, validitas, keterbacaan, dan kepraktisan dari e-modul berpendekatan STEM (science, technology, engineering and mathematics) pada materi larutan penyangga yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan (R&D) yang dilakukan menggunakan model ADDIE yang dibatasi pada tahap analisis, desain, dan pengembangan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar analisis dokumen, lembar validasi, lembar keterbacaan, dan lembar kepraktisan. Karakteristik e-modul yang dikembangkan yaitu dibuat dalam bentuk elektronik dan mengintegrasikan pengetahuan sains, teknologi, rekayasa dan matematika. Hasil uji validasi dari ahli isi diperoleh skor 1,00 dengan kategori sangat tinggi. Hasil uji validasi dari ahli media diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,85 dengan kategori sangat valid. Hasil uji keterbacaan menghasilkan skor rata-rata 3,24 dengan kategori baik. Hasil uji kepraktisan oleh guru dan siswa diperoleh skor rata-rata 3,46 dan 3,25 dengan kategori yang diperoleh keduanya adalah praktis. Hasil uji produk menunjukkan bahwa e-modul berpendekatan STEM pada materi larutan penyangga layak digunakan sebagai alternatif sumber belajar dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul, STEM, larutan penyangga |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics Q Science > QD Chemistry T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Ayu Asmara Waruwu |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 00:59 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 00:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21385 |
Actions (login required)
View Item |