Pengembangan E-modul Berpendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada Materi Larutan Penyangga

Waruwu, Ayu Asmara (2024) Pengembangan E-modul Berpendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada Materi Larutan Penyangga. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813031021-COVER.pdf

Download (409kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813031021-ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text (BAB1 PENDAHULUAN)
1813031021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (72kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813031021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813031021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813031021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813031021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813031021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813031021-LAMPIRAN.pdf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, validitas, keterbacaan, dan kepraktisan dari e-modul berpendekatan STEM (science, technology, engineering and mathematics) pada materi larutan penyangga yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan (R&D) yang dilakukan menggunakan model ADDIE yang dibatasi pada tahap analisis, desain, dan pengembangan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar analisis dokumen, lembar validasi, lembar keterbacaan, dan lembar kepraktisan. Karakteristik e-modul yang dikembangkan yaitu dibuat dalam bentuk elektronik dan mengintegrasikan pengetahuan sains, teknologi, rekayasa dan matematika. Hasil uji validasi dari ahli isi diperoleh skor 1,00 dengan kategori sangat tinggi. Hasil uji validasi dari ahli media diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,85 dengan kategori sangat valid. Hasil uji keterbacaan menghasilkan skor rata-rata 3,24 dengan kategori baik. Hasil uji kepraktisan oleh guru dan siswa diperoleh skor rata-rata 3,46 dan 3,25 dengan kategori yang diperoleh keduanya adalah praktis. Hasil uji produk menunjukkan bahwa e-modul berpendekatan STEM pada materi larutan penyangga layak digunakan sebagai alternatif sumber belajar dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: e-modul, STEM, larutan penyangga
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QD Chemistry
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Ayu Asmara Waruwu
Date Deposited: 26 Jul 2024 00:59
Last Modified: 26 Jul 2024 00:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21385

Actions (login required)

View Item View Item