Barus, Fransiska Br (2024) PENGGUNAAN MEDIA POWTOON DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012013001- COVER.pdf Download (290kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012013001- ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012013001- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (97kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012013001- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012013001- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012013001- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012013001- BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012013001- DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012013001- LAMPIRAN.pdf Download (233kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) prosedur penggunaan media video animasi Powtoon dalam pembelajaran menulis puisi di SMP Negeri 2 Singaraja, 2) kendala yang dihadapi oleh guru dengan menggunakan media video animasi pada pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja, dan 3) respons siswa terhadap penggunaan media video animasi Powtoon dalam pembelajaran menulis puisi di SMP Negeri 2 Singaraja. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa di kelas VIII 7 di SMP Negeri 2 Singaraja sejumlah 31 siswa dan 1 guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Singaraja sedangkan objek dari penelitian ini adalah penggunaan media Powtoon, kendala-kendala yang dihadapi oleh guru, dan respon siswa dalam pembelajaran menulis puisi di SMP Negeri 2 Singaraja. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah 1) metode observasi, (2 metode wawancara, dan 3) metode kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data (reduction data), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media video animasi Powtoon kelas VIII-7 SMP Negeri 2 Singaraja terdapat 3 kegiatan yakni pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup berlangsung sangat baik. 2) Kendala- kendala pada pembelajaran menulis puisi dengan enggunakan media audiovisual kelas VIII-7 SMP Negeri 2 Singaraja ada 3, yaitu a) Terbatasnya sarana dan prasarana, b) Perlunya keahlian teknis. c) Pengelolaan waktu yang masih kurang efektif, d) Kemampuan siswa yang berbeda-beda dalam menulis puisi, e) Fokus siswa terhadap pembelajaran menulis puisi masih kurang, f) Kurang menarik minat siswa, g) Susahnya memberi motivasi kepada siswa. 3) Respon siswa terhadap penggunaan media video animasi Powtoon dalam pembelajaran menulis puisi yakni 24 (positif).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media Powtoon, pembelajaran, puisi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Fransiska Br Barus |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 05:27 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 05:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21426 |
Actions (login required)
View Item |