Wulandari, Gusti Ayu Putu Trisna (2024) PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SMA NEGERI 1 KUTA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2229011014-COVER)
2229011014-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (2229011014-ABSTRAK)
2229011014-ABSTRAK.pdf Download (814kB) |
|
Text (2229011014-BAB 1 PENDAHULUAN)
2229011014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (902kB) |
|
Text (2229011014-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229011014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (2229011014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229011014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (832kB) | Request a copy |
|
Text (2229011014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229011014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (2229011014-BAB 5 PENUTUP)
2229011014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (817kB) | Request a copy |
|
Text (2229011014-DAFTAR PUSTAKA)
2229011014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (971kB) |
|
Text (2229011014-LAMPIRAN)
2229011014-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas X di SMA Negeri 1 Kuta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X6 dan X8 serta guru pengajar Bahasa Indonesia Ibu Ni Made Yeni Handayani, S.Pd., M.Pd. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi. Penentuan tujuan pembelajaran didasarkan pada Capaian Pembelajaran Fase E dalam kurikulum merdeka serta menganalisis kebutuhan belajar murid melalui penilaian diagnostik kognitif dan nonkognitif. Dilanjutkan dengan menentukan strategi dan alat penilaian yang akan digunakan. Kemudian langkah terakhir yaitu merancang kegiatan pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan hasil evaluasi pembelajaran sebelumnya. Implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada materi teks laporan hasil observasi peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kuta, memperhatikan perbedaan kemampuan siswa, minat, dan gaya belajar, serta motivasi mereka. Pembelajaran berdiferensiasi dalam materi teks laporan hasil observasi dibagi menjadi beberapa elemen, yaitu: berdasarkan konten, materi disesuaikan dengan gaya belajar dan minat siswa. Hambatan utama dalam penerapan pembelajaran berdiferensiassi adalah waktu perencanaan, kurangnya bimbingan individu, dan kesulitan dalam menggunakan teknologi. Oleh karena itu, guru dapat melakukan pemetaan kebutuhan oleh sekolah, kolaborasi guru, evaluasi sederhana, dan tutor sebaya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berdiferensiasi, teks laporan hasil observasi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2) |
Depositing User: | Gusti Ayu Putu Trisna Wulandari |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 04:58 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 04:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21429 |
Actions (login required)
View Item |