Bagus, Ade (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (PJOK) MATERI BOLA BESAR PERMAINAN SEPAKBOLA TEKNIK DASAR PASSING PADA PESERTA DIDIK KELAS VII D DI SMP N 2 KEDIRI TAHUN 2023/2024. Undergraduate thesis, universitas pendidikan ganesha.
Text (COVER)
2016011061-COVER.pdf Download (784kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2016011061-ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011061-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (377kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011061-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016011061-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (629kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011061-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011061-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011061-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (462kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2016011061-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar (PJOK) melalui materi teknik dasar passing permainan sepakbola pada peserta didik Kelas VII D SMP Negeri 2 Kediri dengan mengimplementasikan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII D SMP Negeri 2 Kediri, sedangkan objek penelitian adalah materi teknik dasar passing dalam permainan sepakbola dengan implementasi model pembelajaran Project Based Learning. Data diambil dengan cara observasi tes terhadap gerakan teknik dasar passing menggunakan kaki bagian dalam, teknik dasar passing menggunakan kaki bagian luar pada aspek kognitif dan aspek psikomotor. Data dianalisis menggunakan analisis Statistik Deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar (PJOK) melalui materi teknik dasar passing permainan sepakbola pada peserta didik Kelas VII D SMP Negeri 2 Kediri Tahun Ajaran 2023/2024. Dapat dilihat pada siklus I dan siklus II persentase peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan dari ketuntasan 7 orang (21,2%) menjadi ketuntasan 27 orang (81,9%), peningkatan hasil belajar aspek keterampilan dari ketuntasan 4 orang (12,2%) menjadi 29 orang (87,9%). Sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar PJOK materi bola besar permainan sepakbola pada peserta didik kelas VII D di SMP Negeri 2 Kediri tahun ajaran 2023/2024. Direkomendasikan kepada guru PJOK di SMP Negeri 2 Kediri menggunakan model pembelajaran inovatis dengan memberikan peserta didik untuk belajar secara mandiri, salah satunya model pembelajaran project based learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, Hasil Belajar, bola besar, PJOK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Bagus ade prasetia dinata |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 06:37 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 06:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21447 |
Actions (login required)
View Item |