Ardika, Gede (2024) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD NEGERI 1 PANJI ANOM SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011021022_COVER.pdf Download (789kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011021022_ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011021022_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (416kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011021022_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011021022_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (736kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011021022_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011021022_BAB V PENTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011021022_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (318kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
201021022_LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses rancang bangun pengembangan e-book berbasis problem based learning pada muatan pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri 1 Panji Anom Singaraja tahun pelajaran 2023/2024, (2) mengetahui validitas e-book berbasis problem based learning pada muatan pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri 1 Panji Anom Singaraja tahun pelajaran 2023/2024 berdasarkan penilaian ahli isi pembelajaran, desain pembelajaran, dan media pembelajaran, (3) mengetahui respon pengguna e-book berbasis problem based learning pada muatan pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri 1 Panji Anom Singaraja tahun pelajaran 2023/2024 berdasarkan uji coba perorangan dan kelompok kecil, dan (4) mengetahui efektivitas e-book berbasis problem based learning pada muatan pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri 1 Panji Anom Singaraja tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation), dan Evaluation). Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan analisis statistik inferensial uji-t sampel berkorelasi. Hasil dari penelitian ini (1) menghasilkan perancangan e-book dari tahap analisis sampai tahap evaluasi, (2) validitas produk dari ahli isi pembelajaran skor 94.00% kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran skor 97,33% kualifikasi sangat baik, dan ahli media pembelajaran skor 93,00% kualifikasi sangat baik, (3) respon pengguna e-book berdasarkan uji perorangan skor 95,56% kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil skor 95,19% kualifikasi sangat baik, dan (4) efektivitas e-book berbasis problem based learning, nilai rata-rata pre-test 60,15, dan post-test 75,15, sehingga post-test berada di atas KKTP (Kritetia Ketercapaian Tujuan Pembelajaran), perhitungan uji-t sampel berkorelasi didapatkan hasil sig (0,000) < 0,05 berdasarkan taraf signifikansi 5%, sehingga terdapat perbedaan signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan e-book berbasis problem based learning. dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-book berbasis problem based learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar kelas IV di SD Negeri 1 Panji Anom.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, e-book, problem based learning, ADDIE, IPAS. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Gede Ardika |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 00:19 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 00:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21488 |
Actions (login required)
View Item |