THE STUDENTS’ PERCEPTION ON ONLINE LEARNING THROUGH WHATSAPP DURING COVID-19 PANDEMIC AT SMA NEGERI 1 TEJAKULA

Arnaya, Ida Bagus Putu Adhitya (2024) THE STUDENTS’ PERCEPTION ON ONLINE LEARNING THROUGH WHATSAPP DURING COVID-19 PANDEMIC AT SMA NEGERI 1 TEJAKULA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021241-COVER.pdf

Download (783kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021241-ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021241-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021241-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021241-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021241-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021241_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021241_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021241_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran online melalui whatsapp selama pandemic di SMA NEGERI 1 TEJAKULA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai metode penelitian, dengan menggunakkan kuisioner dan wawancara dalam pengambilan datanya. Penelitian ini menggunakkan partisipan sebanyak 107 siswa dari 3 kelas yang sama yaitu kelas XII 1, 2, dan 3 Bahasa di SMA NEGERI 1 TEJAKULA. Peneliti dalam mengambil data kuisioner menggunakkan 4 butir pertanyaan yang dimana berjenis kuisioner tertutup yang disebar ke 3 kelas XII Bahasa dan untuk wawancara menggunakkan 6 butir pertanyaan yang dimana berjenis wawancara terbuka yang dilakukan kepada 3 siswa dengan bahasa Indonesia agar menghindari kesalahpahaman dan kesenjangan bahasa, yang dimana menggunakkan dimensi usefulness (kuisioner) dan dimensi ease of use (wawancara) yang diadaptasi dari Venkatesh dan juga dari Altawaty dalam mengukur persepsi. Hasil dari data tersebut menunjukkan jika siswa merasakan perkembangan baik pada grammar dan kosa kata bahasa inggris, siswa merasa terbantu dalam pembelajaran, mencapai hasil belajar yang terbaik, dan siswa merasa fleksibel dan praktis dalam menggunakkan pembelajaran online melalui whatsapp selama pandemi, akan tetapi terlepas pernyataan sebelunya, siswa menemui isu yang mereka rasakan yaitu pada koneksi internet dan tidak menikmati selama pembelajaran online melalui whatsapp selama pandemi. Penelitian ini dilakukan dengan harapan agar menjadi bahan acuan dan refleksi kepada guru dalam meningkatkan dan mengembangkan lebih jauh pembelajaran online melalui whatsapp selanjutnya nantinya, khususnya dalam ketersedian jaringan internet yang stabil agar siswa dapat melakukan pembelajaran online dengan nyaman dan juga dapat membuat suasana dan metode mengajar yang kondusif agar siswa dapat menikmati jalannya pembelajaran online melalui whatsapp ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa, whatsapp, pembelajaran online melalui whatsapp
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ida Bagus Putu Adhitya Arnaya
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:14
Last Modified: 30 Jul 2024 01:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21516

Actions (login required)

View Item View Item