Arnaya, Ida Bagus Putu Adhitya (2024) THE STUDENTS’ PERCEPTION ON ONLINE LEARNING THROUGH WHATSAPP DURING COVID-19 PANDEMIC AT SMA NEGERI 1 TEJAKULA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021241-COVER.pdf Download (783kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021241-ABSTRAK.pdf Download (153kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021241-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (124kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021241-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021241-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021241-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021241_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021241_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021241_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran online melalui whatsapp selama pandemic di SMA NEGERI 1 TEJAKULA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai metode penelitian, dengan menggunakkan kuisioner dan wawancara dalam pengambilan datanya. Penelitian ini menggunakkan partisipan sebanyak 107 siswa dari 3 kelas yang sama yaitu kelas XII 1, 2, dan 3 Bahasa di SMA NEGERI 1 TEJAKULA. Peneliti dalam mengambil data kuisioner menggunakkan 4 butir pertanyaan yang dimana berjenis kuisioner tertutup yang disebar ke 3 kelas XII Bahasa dan untuk wawancara menggunakkan 6 butir pertanyaan yang dimana berjenis wawancara terbuka yang dilakukan kepada 3 siswa dengan bahasa Indonesia agar menghindari kesalahpahaman dan kesenjangan bahasa, yang dimana menggunakkan dimensi usefulness (kuisioner) dan dimensi ease of use (wawancara) yang diadaptasi dari Venkatesh dan juga dari Altawaty dalam mengukur persepsi. Hasil dari data tersebut menunjukkan jika siswa merasakan perkembangan baik pada grammar dan kosa kata bahasa inggris, siswa merasa terbantu dalam pembelajaran, mencapai hasil belajar yang terbaik, dan siswa merasa fleksibel dan praktis dalam menggunakkan pembelajaran online melalui whatsapp selama pandemi, akan tetapi terlepas pernyataan sebelunya, siswa menemui isu yang mereka rasakan yaitu pada koneksi internet dan tidak menikmati selama pembelajaran online melalui whatsapp selama pandemi. Penelitian ini dilakukan dengan harapan agar menjadi bahan acuan dan refleksi kepada guru dalam meningkatkan dan mengembangkan lebih jauh pembelajaran online melalui whatsapp selanjutnya nantinya, khususnya dalam ketersedian jaringan internet yang stabil agar siswa dapat melakukan pembelajaran online dengan nyaman dan juga dapat membuat suasana dan metode mengajar yang kondusif agar siswa dapat menikmati jalannya pembelajaran online melalui whatsapp ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi siswa, whatsapp, pembelajaran online melalui whatsapp |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ida Bagus Putu Adhitya Arnaya |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 01:14 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 01:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21516 |
Actions (login required)
View Item |