Dewi, Ni Putu Manik Candra (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUAL BERBANTUAN MEDIA KARTU MISTERI TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWA KELAS IV GUGUS LETDA MADE PUTRA TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031033-COVER.pdf Download (788kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031033-ABSTRAK.pdf Download (337kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (268kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031033-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031033-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031033-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual berbantuan media kartu misteri terhadap siswa kelas IV SD Gugus Letda Made Putra tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di Gugus Letda Made Putra sebanyak 316 orang. Sampel penelitian berjumlah 59 orang ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling, kelas IV B SDN 2 Dangin Puri sebanyak 29 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B SDN 18 Dangin Puri sebanyak 30 orang sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPAS dikumpulkan dengan metode tes, jenis objektif pilihan ganda biasa. Data post-test kompetensi pengetahuan IPAS dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varian. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa t_hitung = 5,278 > t_tabel = 1,672 dengan tarif signifikansi 5% dengan dk = 57, sehingga H0 ditolak. Hasil analisis menunjukkan model pembelajaran somatic, auditory, visual, intellectual berbantuan kartu misteri memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas IV SD Gugus Letda Made Putra Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Somatic Auditory Visual Intellectual, Kartu Misteri, Kompetensi Pengetahuan IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Manik Candra Dewi |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 00:58 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 00:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21555 |
Actions (login required)
View Item |