PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN SENI MUSIK STUDI KASUS SISWA KELAS VIIIA DI SMP NEGERI 3 SINGARAJA

Atmaja, I Gede Wira (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN SENI MUSIK STUDI KASUS SISWA KELAS VIIIA DI SMP NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051084_COVER.pdf

Download (359kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051084_ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051084_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051084_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1715051084_ BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051084_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051084_ BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051084_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051084_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis blended learning pada mata pelajaran seni musik untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja. Hal ini didorong oleh perubahan kebiasaan siswa yang masih terbiasa dengan pembelajaran online akibat pandemi Covid-19, serta kurangnya alat peraga yang menyebabkan motivasi siswa menurun dan kehilangan fokus selama pembelajaran tatap muka. Melalui pengembangan media pembelajaran interaktif ini, diharapkan proses pembelajaran menjadi lebih efektif, mempermudah tenaga pendidik dalam menjelaskan materi, serta meningkatkan minat, keaktifan, dan fokus siswa dalam memahami materi seni musik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian (Research & Development) dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja, dan instrumen penilaian berupa angket digunakan untuk mengukur tingkat validasi dan efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil uji validitas konten oleh ahli isi serta ahli media dan desain menunjukkan nilai rata-rata 1,00, yang termasuk kategori sangat valid. Uji efektivitas menggunakan perhitungan N-Gain memperoleh nilai 0,65, yang masuk dalam kategori efektif. Uji respons peserta didik menghasilkan nilai rata-rata 62,8, yang termasuk dalam kategori sangat positif, sementara uji respons pendidik memperoleh nilai rata-rata 44,5, yang juga termasuk kategori sangat positif. Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis blended learning pada mata pelajaran seni musik ini dinilai valid, efektif, dan mendapat respons sangat positif dari siswa dan pendidik, sehingga dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran seni musik di SMP Negeri 3 Singaraja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Media Pembelajaran Interaktif, Seni Musik, Articulate Storyline 3
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I GEDE WIRA ATMAJA
Date Deposited: 30 Jul 2024 06:59
Last Modified: 30 Jul 2024 06:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21568

Actions (login required)

View Item View Item