Oktavianty, Melya Nurul (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEAM TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL DI TAMAN KANAK-KANAK GUGUS V KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011061021-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011061021-ABSTRAK.pdf Download (363kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011061021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (518kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011061021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (686kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011061021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (758kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011061021-BAB 4 HASIL DAN PEMBASAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011061021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011061021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (501kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011061021-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kecerdasan visual spasial, kecerdasan visual spasial yang dimaksud yaitu kemampuan anak dalam mengenal ruang, bentuk, jarak dalam bentuk visual. Dari permasalahan tersebut perlu diberikan model pembelajaran yang baru dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STEAM terhadap kecerdasan visual spasial anak di TK Gugus V Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelompok B di TK Gugus V Kecamatan Buleleng. Sampel penelitian ini yaitu siswa dari kelompok B1 TK Laksamana Singaraja dengan jumlah siswa 23 orang digunakan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok B1 TK Negeri Banjar Tegal dengan jumlah siswa 23 orang digunakan sebagai kelompok kontrol. Data hasil kecerdasan visual spasial anak dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi. Selanjutnya di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial (Uji-t). Berdasarkan perhitungan Uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi kecerdasan visual spasial anak = 0,04 < taraf signifikansi 5% (0,04 < 0,05). Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran STEAM terhadap kecerdasan visual spasial anak di TK Gugus V Kecamatan Buleleng. Selain itu, berdasarkan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari skor rata-rata kelompok kontrol yaitu 41,30 > 39,76. Jadi dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran STEAM terhadap kecerdasan visual spasial anak di TK Gugus V Kecamatan Buleleng. Kata Kunci: Model Pembelajaran STEAM, Kecerdasan Visual Spasial Anak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, STEAM, Kecerdasan Visual Spasial Anak |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Melya Nurul Oktavianty |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 00:30 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 00:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21604 |
Actions (login required)
View Item |