PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEAM TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL DI TAMAN KANAK-KANAK GUGUS V KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Oktavianty, Melya Nurul (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEAM TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL DI TAMAN KANAK-KANAK GUGUS V KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011061021-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011061021-ABSTRAK.pdf

Download (363kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011061021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (518kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011061021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011061021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011061021-BAB 4 HASIL DAN PEMBASAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011061021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011061021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (501kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011061021-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kecerdasan visual spasial, kecerdasan visual spasial yang dimaksud yaitu kemampuan anak dalam mengenal ruang, bentuk, jarak dalam bentuk visual. Dari permasalahan tersebut perlu diberikan model pembelajaran yang baru dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STEAM terhadap kecerdasan visual spasial anak di TK Gugus V Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelompok B di TK Gugus V Kecamatan Buleleng. Sampel penelitian ini yaitu siswa dari kelompok B1 TK Laksamana Singaraja dengan jumlah siswa 23 orang digunakan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok B1 TK Negeri Banjar Tegal dengan jumlah siswa 23 orang digunakan sebagai kelompok kontrol. Data hasil kecerdasan visual spasial anak dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi. Selanjutnya di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial (Uji-t). Berdasarkan perhitungan Uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi kecerdasan visual spasial anak = 0,04 < taraf signifikansi 5% (0,04 < 0,05). Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran STEAM terhadap kecerdasan visual spasial anak di TK Gugus V Kecamatan Buleleng. Selain itu, berdasarkan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari skor rata-rata kelompok kontrol yaitu 41,30 > 39,76. Jadi dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran STEAM terhadap kecerdasan visual spasial anak di TK Gugus V Kecamatan Buleleng. Kata Kunci: Model Pembelajaran STEAM, Kecerdasan Visual Spasial Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, STEAM, Kecerdasan Visual Spasial Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Melya Nurul Oktavianty
Date Deposited: 31 Jul 2024 00:30
Last Modified: 31 Jul 2024 00:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21604

Actions (login required)

View Item View Item