Pratiwi, Putu (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN SIMULASI PhET TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013021013-COVER.pdf Download (730kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013021013-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013021013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (435kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013021013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013021013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (938kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013021013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013021013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013021013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (459kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013021013-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini yaitu quasi-eksperimental dengan desain yang digunakan ialah the non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi kajian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sukasada sebanyak 97. Pada penelitian ini dua kelas digunakan sebagai sampel penelitian yang dipilih dengan teknik random assignment dengan total sampel yaitu 64. Data hasil belajar diukur melalui instrumen tes pilihan berganda yang memiliki reliabilitas 0,85 dan konsistensi internal butir berada pada rentang 0,31-0,84. Data yang didapatkan dianalisis dengan analisis deskriptif, uji ANAKOVA satu jalur, dan uji lanjut LSD dengan taraf signifikansinya yaitu 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai posttest siswa pada model inkuiri terbimbing berbantuan PhET yaitu 81,9 (SD = 7,66) dan pada model konvensional yaitu 61,76 (SD = 7,78). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang mengikuti model inkuiri terbimbing berbantuan PhET dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F=41,099; p<0,01). Hasil uji LSD menunjukkan bahwa hasil belajar fisika siswa yang belajar dengan model inkuiri terbimbing berbantuan PhET lebih baik diterapkan dibandingkan dengan model konvensional. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan PhET terhadap hasil belajar fisika siswa secara statistik lebih unggul dibandingkan dengan pengaruh model konvensinal terhadap hasil belajar fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Inkuiri Terimbing Berbantuan PhET, Model Konvensional, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Putu Ratna Indah Pratiwi |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 04:17 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 04:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21625 |
Actions (login required)
View Item |