Nurhayati, Enung (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS IV DI SD NEGERI 3 PENARUKAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031048-COVER.pdf Download (383kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031048-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031048-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (155kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031048-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031048-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031048-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031048-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031048-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031048-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan dasar memerlukan metode yang kreatif untuk membantu siswa memahami materi abstrak seperti perubahan wujud benda. Diperlukan media yang inovatif dan menarik untuk membantu siswa memahami materi. Tujuan penelitian ini ialah untuk menghasilkan sebuah media buku pop up berbasis mind mapping pada materi perubahan wujud benda kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba penelitian ini adalah 2 dosen ahli materi dan media, 1 guru serta 20 siswa kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan ialah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner atau angket. Hasil dari uji ahli materi diperoleh skor 96% dengan kualifikasi sangat baik dan ahli media diperoleh 94,5% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji kepraktisan melalui respon guru kelas IV SD Negeri 3 Penarukan diperoleh presentase 100% dengan kualifikasi sangat praktis, respon siswa perorangan memperoleh 98% dengan kualifikasi sangat praktis serta uji coba kelompok kecil diperoleh 94,2% dengan kualifikasi sangat praktis. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi contoh media inovatif yang dapat diadopsi oleh pendidik dalam berbagai topik pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, media pop up book berbasis mind mapping dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: media pembelajaran, pop up book, mind mapping, perubahan wujud benda, ADDIE.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, pop up book, mind mapping, perubahan wujud benda, ADDIE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Enung Nurhayati |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 12:21 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 12:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21632 |
Actions (login required)
View Item |