PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Suprapto, Vickha Putri (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031188-COVER.pdf

Download (771kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031188-ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031188-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (522kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031188-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031188-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (834kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031188-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031188-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031188-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (500kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031188-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kurangnya ragam bahan ajar yang menarik berdampak pada rendahnya kreativitas siswa kelas IV. Kurangnya ragam bahan ajar yang menarik berdampak pada rendahnya kreativitas siswa kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis mind mapping yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek dari penelitian ini adalah e-modul berbasis mind mapping. Objek penelitian ini adalah validitas, kepraktisan, serta efektivitas bahan ajar. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket. Penelitian pengembangan e-modul berbasis mind mapping memperoleh hasil valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan uji validitas dari ahli media sebesar 0,983 dan ahli materi sebesar 0,980; uji kepraktisan dari respons guru sebesar 99,15% dan dari respons siswa 97,58%; serta uji efektivitas dengan uji t berkorelasi memperoleh t-hitung sebesar 13,481. Nilai ini lebih besar dari pada t-tabel untuk df=31 pada taraf signifikansi 5% adalah 2,04, sehingga e-modul dinilai efektif. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul berbasis mind mapping valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa. Implikasi pemanfaatan e-modul berbasis mind mapping sebagai bahan ajar digital mampu mengurangi beban guru dalam mengajar dan mengatasi kesulitan belajar siswa. Implikasi pemanfaatan e-modul berbasis mind mapping sebagai bahan ajar digital mampu mengurangi beban guru dalam mengajar dan mengatasi kesulitan belajar siswa. Kata-kata kunci: e-modul, mind mapping, kreativitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: e-modul, mind mapping, kreativitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: VICKHA PUTRI SUPRAPTO
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:51
Last Modified: 31 Jul 2024 07:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21637

Actions (login required)

View Item View Item