Suprapto, Vickha Putri (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031188-COVER.pdf Download (771kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031188-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031188-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (522kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031188-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031188-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (834kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031188-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031188-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031188-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (500kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031188-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kurangnya ragam bahan ajar yang menarik berdampak pada rendahnya kreativitas siswa kelas IV. Kurangnya ragam bahan ajar yang menarik berdampak pada rendahnya kreativitas siswa kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis mind mapping yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek dari penelitian ini adalah e-modul berbasis mind mapping. Objek penelitian ini adalah validitas, kepraktisan, serta efektivitas bahan ajar. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket. Penelitian pengembangan e-modul berbasis mind mapping memperoleh hasil valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan uji validitas dari ahli media sebesar 0,983 dan ahli materi sebesar 0,980; uji kepraktisan dari respons guru sebesar 99,15% dan dari respons siswa 97,58%; serta uji efektivitas dengan uji t berkorelasi memperoleh t-hitung sebesar 13,481. Nilai ini lebih besar dari pada t-tabel untuk df=31 pada taraf signifikansi 5% adalah 2,04, sehingga e-modul dinilai efektif. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul berbasis mind mapping valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa. Implikasi pemanfaatan e-modul berbasis mind mapping sebagai bahan ajar digital mampu mengurangi beban guru dalam mengajar dan mengatasi kesulitan belajar siswa. Implikasi pemanfaatan e-modul berbasis mind mapping sebagai bahan ajar digital mampu mengurangi beban guru dalam mengajar dan mengatasi kesulitan belajar siswa. Kata-kata kunci: e-modul, mind mapping, kreativitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul, mind mapping, kreativitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | VICKHA PUTRI SUPRAPTO |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 07:51 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 07:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21637 |
Actions (login required)
View Item |