Aras, Muhammad Nur (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915061028-COVER.pdf Download (700kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915061028-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915061028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915061028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1915061028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915061028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915061028-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915061028-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915061028-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Pembelajaran Berbasis Website. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes essay. Teknik analisis data dilakukan secara kualitiatif melalui observasi serta dokumentasi dan secara kuantitatif melalui nilai rata-rata hasil belajar peserta didik, presentase hasil belajar klasikal peserta didik. Indikator keberhasilan ditandai adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata setiap siklus yaitu siklus I diperoleh 62,85% dan pada siklus II diperoleh 80%. Jika dikonversikan ke dalam PAP skala lima dan ketuntasan klasikal, siklus I berada pada kategori kurang dengan nilai 62,85% yaitu terdapat 22 peserta didk dinyatakaan tuntas sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik dengan nilai 80% yaitu terdapat 28 peserta didik dinyatakan tuntas. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media pembelajaran berbasis website dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran dasar-dasar teknik ketenagalistrikan kelas X TKL 1 SMK Negeri 3 Singaraja Tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif Tipe STAD, Media Berbasis Website, Hasil Belajar, Teknik Ketenagalistrikan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HA Statistics |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Elektro (S1) |
Depositing User: | Muhammad Nur Aras |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 07:18 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 07:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21710 |
Actions (login required)
View Item |