PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Aras, Muhammad Nur (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1915061028-COVER.pdf

Download (700kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1915061028-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915061028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915061028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1915061028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915061028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1915061028-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915061028-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1915061028-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Pembelajaran Berbasis Website. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes essay. Teknik analisis data dilakukan secara kualitiatif melalui observasi serta dokumentasi dan secara kuantitatif melalui nilai rata-rata hasil belajar peserta didik, presentase hasil belajar klasikal peserta didik. Indikator keberhasilan ditandai adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata setiap siklus yaitu siklus I diperoleh 62,85% dan pada siklus II diperoleh 80%. Jika dikonversikan ke dalam PAP skala lima dan ketuntasan klasikal, siklus I berada pada kategori kurang dengan nilai 62,85% yaitu terdapat 22 peserta didk dinyatakaan tuntas sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik dengan nilai 80% yaitu terdapat 28 peserta didik dinyatakan tuntas. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media pembelajaran berbasis website dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran dasar-dasar teknik ketenagalistrikan kelas X TKL 1 SMK Negeri 3 Singaraja Tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe STAD, Media Berbasis Website, Hasil Belajar, Teknik Ketenagalistrikan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Muhammad Nur Aras
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:18
Last Modified: 01 Aug 2024 07:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21710

Actions (login required)

View Item View Item