EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA DENGAN MODEL CIPP DI SMPN 1 SERIRIT

Santini, Ni Made Ayu Putri (2024) EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA DENGAN MODEL CIPP DI SMPN 1 SERIRIT. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129011014-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129011014-ABSTRAK.pdf

Download (179kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129011014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129011014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129011014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129011014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129011014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129011014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129011014-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka di SMPN 1 Seririt dengan evaluasi CIPP (Contexs, Input, Prosess, Product). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan model CIPP dengan mengevaluasi tiap komponen konteks, input, proses dan produk. Sumber data penelitian adalah guru bahasa Indonesia, wakil bidang kurikulum, serta Kepala Sekolah yang berada di SMPN 1 Seririt. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan komponen konteks, input, proses, dan produk pada pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di SMPN 1 Seririt sudah baik. Evaluasi konteks dari profil sekolah, persiapan guru dalam perangkat pembelajaran, kegiatan pembelajaran, observasi, dan daftar pertanyaan yang diisi oleh guru bahasa Indonesia sudah dikategorikan baik. Evaluasi input terkait latar belakang tenaga pendidik sudah baik karena merupakan lulusan Sarjana dan Magister Pendidikan, penguasaan materi dari guru sudah baik namun beberapa kali masih terlihat terpaku pada buku ajar, teknologi informasi sudah dimanfaatkan dengan baik namun jarang digunakan, serta sarana dan prasarana tergolong baik karena sudah menyediakan seluruh keperluan siswa dan guru selama proses pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Evaluasi proses pada perencanaan danpelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka di SMPN 1 Seririt tergolong baik. Evaluasi produk dilihat pada hasil penilaian formatif dan sumatif. Elemen pelajaran bahasa Indonesia untuk membaca dan berbicara sudah dikuasai siswa, yang paling dikuasai adalah menyimak, serta yang kurang dikuasai adalah elemen menulis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, CIPP, Kurikulum Merdeka, bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2)
Depositing User: Ni Made Ayu Putri Santini
Date Deposited: 02 Aug 2024 10:17
Last Modified: 02 Aug 2024 10:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21804

Actions (login required)

View Item View Item