Mukhlishul Amali, Muhammad (2024) MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN PPKN KELAS X MAS ROUDLOTUL MUTA’ABBIDIN PAYAMAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1714041011-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1714041011-ABSTRAK.pdf Download (417kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1714041011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (486kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1714041011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (724kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1714041011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1714041011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1714041011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1714041011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (486kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1714041011-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Discovery Learning siswa kelas X di MAS Roudhotul Muta’abbidin Payaman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MAS Roudhotul Muta’abbidin Payaman yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan metode tes dan non tes. Tes dilakukan pada akhir pembelajaran (tes evaluasi) dan setiap akhir siklus. Metode non tes yaitu berupa observasi dilakukan untuk menilai kemampuan berpikir kritis ranah psikomotorik (kegiatan diskusi kelompok). Metode non tes dengan menggunakan kuisioner untuk menilai respon siswa terhadap model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan kompetensi berpikir kritis pada pelajaran PPKn Data kemampuan berpikir kritis siswa dan data hasil belajar siswa yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Berpikir Kritis pada pelajaran PPKn siswa kelas X di MAS Roudhotul Muta’abbidin Payaman. Dapat dilihat dari keaktifan siswa pada saat diskusi di kelas. kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilihat melalui analisis kualitatif dengan membandingkan rata-rata nilai berpikir kritis siswa setelah siklus 1 dan siklus 2. Rata-rata nilai berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dari 72,8 pada siklus 1 dan 81,03 pada siklus 2. Jadi nilai rata-rata berpikir kritis siswa mengalami peningkatan sebesar 8 point.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: berpikir kritis, model pembelajaran Discovery Learning. |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | M. Mukhlishul Amali |
Date Deposited: | 03 Aug 2024 07:56 |
Last Modified: | 03 Aug 2024 07:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21832 |
Actions (login required)
View Item |