Wikantari, Kadek Trisna (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Interaktif Pada Topik Seni Tari Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031273-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031273-ABSTRAK.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031273-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (241kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031273-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031273-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031273-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031273-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031273-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (213kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031273-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audiovisual interaktif pada mata pelajaran SBDP topik seni tari materi gerak dasar tari Bali untuk pemula siswa kelas IV di SD Negeri 3 Jagaraga. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan menggunakan Model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini menggunakan 2 orang ahli media, 2 orang ahli tari, 2 orang praktisi, dan 22 siswa uji coba lapangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket atau kuesioner dan kemudian dianalisis menggunakan analisis data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Media audiovisual pembelajaran dinyatakan valid dengan kualifikasi sangat baik dari para ahli dengan persentase hasil validitas ahli media diperoleh skor 93% kategori sangat baik, hasil validitas ahli tari diperoleh skor 89,5% kategori baik, hasil validitas praktisi diperoleh skor 88,5% kategori baik, uji coba lapangan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran audiovisual interaktif mendapatkan rata-rata nilai minat belajar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Rata-rata nilai sebelum diberikan perlakuan yaitu 66 sedangkan rata-rata nilai 93 setelah diberikan perlakuan dan mendapatkan nilai signifikansi 2 arah (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,005 jadi, H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil validitas dan efektivitas media pembelajaran audiovisual interaktif pada mata pelajaran SBDP topik seni tari kelas IV SD sudah layak untuk digunakan. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Audiovisual Interaktif, Pelajaran SBDP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran1, Audiovisual Interaktif2, Pelajaran SBDP3. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Trisna Wikantari |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 23:50 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 23:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21848 |
Actions (login required)
View Item |