PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIBANDINGKAN DENGAN DIRECT INSTRUCTION (DI) PADA PEMBELAJARAN SISTEM REPRODUKSI TERHADAP DIMENSI BERNALAR KRITIS PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA SMA NEGERI 1 SERIRIT

Lestari, Ni Wayan Wina Febri (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIBANDINGKAN DENGAN DIRECT INSTRUCTION (DI) PADA PEMBELAJARAN SISTEM REPRODUKSI TERHADAP DIMENSI BERNALAR KRITIS PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA SMA NEGERI 1 SERIRIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013041025-COVER.pdf

Download (385kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013041025-ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013041025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013041025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013041025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013041025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013041025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013041025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013041025-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dimensi bernalar kritis antara peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dibandingkan dengan model Direct Instruction (DI) dalam pembelajaran materi sistem reproduksi kelas XI di SMA Negeri 1 Seririt tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian Randomized nonequivalent posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Seririt tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 226 orang. Penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan melakukan simple random sampling dan diperoleh 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu kelas XI 1 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model PBL dan kelas XI 6 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model DI dengan jumlah keseluruhan sampel 76 orang kemudian melakukan analisis kesetaraan untuk membuktikan bahwa kedua sampel setara. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik Mann-Whitney dan uji effect size. Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai statistik dari Mann Whitney adalah 204, 5, nilai probabilitas untuk uji dua pihak adalah 0,001, yang berarti terdapat perbedaan dimensi bernalar kritis peserta didik antara peserta didik yang dibelajarkan dengan model PBL dan model pembelajaran DI. Hasil analisis effect size dengan rumus Cohen memperoleh nilai 1,4395 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dimensi bernalar kritis. antara peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model PBL dengan model DI dalam pembelajaran materi sistem reproduksi kelas XI di SMA Negeri 1 Seririt tahun ajaran 2023/2024. Kata Kunci: Problem Based Learning, Direct Instruction, Dimensi Bernalar Kritis, Sistem Reproduksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Direct Instruction, Dimensi Bernalar Kritis, Sistem Reproduksi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Ni Wayan Wina Febri Lestari
Date Deposited: 07 Aug 2024 08:46
Last Modified: 07 Aug 2024 08:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21855

Actions (login required)

View Item View Item