Triani, Nanda (2020) PENGEMBANGAN UNIT KEGIATAN BELAJAR BERORIENTASI PERCOBAAN PEMBUKTIAN PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613031012-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613031012-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613031012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (241kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613031012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613031012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613031012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613031012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613031012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (437kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613031012-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, kevalidan dari segi isi dan konstruksi, kepraktisan, dan keefektifan unit kegiatan belajar berorientasi percobaan pembuktian pada materi hidrolisis garam. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall. Tahapan yang dilakukan, yaitu: (1) tahap analisis kebutuhan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, dan (4) uji coba terbatas. Instrumen yang digunakan yaitu catatan dokumen, lembar validasi, dan angket. Karakteristik unit kegiatan belajar yang dikembangkan terdiri atas tiga kegiatan, yaitu penemuan konsep, pembuktian konsep berupa kegiatan praktikum pembuktian, dan aplikasi konsep. Hasil penelitian ini adalah unit kegiatan belajar berorientasi percobaan pembuktian pada materi hidrolisis garam yang layak digunakan sebagai alternatif bahan ajar dalam pembelajaran Kimia. Kelayakan unit kegiatan belajar berorientasi percobaan pembuktian pada materi hidrolisis garam meliputi kevalidan dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unit kegiatan belajar yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan dari segi isi dan konstruksi dengan skor rata-rata sebesar 1,0 dari skor maksimal 1,0 dengan kategori validasi sangat tinggi. Hasil uji kepraktisan memeroleh skor rata-rata sebesar 3,56 dalam skala 4,00 dengan kategori sangat praktis. Uji keefektifan tidak dapat dilakukan karena pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | unit kegiatan belajar, percobaan pembuktian, hidrolisis garam |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Nanda Triani |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 07:26 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 07:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2189 |
Actions (login required)
View Item |