Parwati, Gusti Ayu Putu Ulan (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229021002_COVER.pdf Download (768kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229021002_ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229021002_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (369kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229021002_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229021002_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229021002_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229021002_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229021002_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (351kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229021002_LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan posttest only control group design. Populasi penelitian ini sebanyak tiga kelas (75 siswa) kelas VIII di SMP Widiatmika tahun pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik random sampling sebanyak dua kelas (49 siswa). Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis adalah tes uraian sedangkan sikap ilmiah diukur dengan menggunakan kuisioner. Hasil uji coba lapangan diperoleh hasil reliabilitas instrumen keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah masing-masing sebesar r = 0,927 (sangat baik) dan r = 0,900 (sangat baik). Hasil posttest yang diperoleh kemudian dianalisis deskripsi dan analisis statistic. Sebelum uji hipotesis, dilakukan uji asumsi. Hipotesis pertama dengan analisis MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) Hipotesis kedua dan ketiga dengan analisis test between-subjects effects yang menampilkan hasil uji ANAVA Satu Jalur. Simpulan penelitian ini adalah 1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah secara bersama-sama antara peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran direct instruction, 2) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran direct instruction, dan 3) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran direct instruction.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kritis, sikap ilmiah |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Gusti Ayu Putu Ulan Parwati |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 03:41 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 03:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21891 |
Actions (login required)
View Item |