PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA

Parwati, Gusti Ayu Putu Ulan (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229021002_COVER.pdf

Download (768kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229021002_ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229021002_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (369kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229021002_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229021002_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229021002_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229021002_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229021002_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229021002_LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan posttest only control group design. Populasi penelitian ini sebanyak tiga kelas (75 siswa) kelas VIII di SMP Widiatmika tahun pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik random sampling sebanyak dua kelas (49 siswa). Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis adalah tes uraian sedangkan sikap ilmiah diukur dengan menggunakan kuisioner. Hasil uji coba lapangan diperoleh hasil reliabilitas instrumen keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah masing-masing sebesar r = 0,927 (sangat baik) dan r = 0,900 (sangat baik). Hasil posttest yang diperoleh kemudian dianalisis deskripsi dan analisis statistic. Sebelum uji hipotesis, dilakukan uji asumsi. Hipotesis pertama dengan analisis MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) Hipotesis kedua dan ketiga dengan analisis test between-subjects effects yang menampilkan hasil uji ANAVA Satu Jalur. Simpulan penelitian ini adalah 1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah secara bersama-sama antara peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran direct instruction, 2) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran direct instruction, dan 3) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran direct instruction.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kritis, sikap ilmiah
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2)
Depositing User: Gusti Ayu Putu Ulan Parwati
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:41
Last Modified: 07 Aug 2024 03:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21891

Actions (login required)

View Item View Item