Tarigan, Olivia Nathania Br (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013021009-COVER.pdf Download (604kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013021009-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013021009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (192kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIANN TEORI)
2013021009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013021009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013021009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013021009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013021009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (668kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013021009-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh keterampilan berpikir kritis siswa antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran direct instruction. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experiment) yang menggunakan one way pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini terdiri dari 4 kelas dengan total populasi sebanyak 143 siswa kelas XI MIPA SMA Katolik 1 Kabanjahe tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian yang digunakan adalah sebanyak 2 kelas (71 siswa) yang dipilih menggunakan teknik random sampling, sehinga terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 36 siswa dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 35 siswa. Data keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh melalui pemberian tes yang terdiri dari 10 soal berbentuk pilihan ganda beralasan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan uji ANAKOVA satu jalur. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5% (0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis secara signifikan antara siswa yang belajar dengan model problem based learning dengan siswa yang belajar dengan model direct instruction (F * = 209,205; p < 0,05). Diperoleh keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model problem based learning (M = 50,56 dengan SD = 11,45), secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran direct instruction (M = 39,00 dengan SD = 6,84). Oleh karena itu, implikasi untuk mencapai berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran fisika di SMA, sebaiknya difasilitasi dengan menerapkan model problem based learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model problem based learning, model direct instruction, keterampilan berpikir kritis |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | OLIVIA NATHANIA BR TARIGAN |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 00:36 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 00:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21924 |
Actions (login required)
View Item |