Astriani, Komang Mega (2024) KOMPARASI BUKU TEKS SAINS KELAS VII KURIKULUM MERDEKA DENGAN BUKU TEKS SAINS KELAS VII KURIKULUM CAMBRIDGE. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1923071012- COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1923071012- ABSTRAK.pdf Download (210kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923071012-BAB 1 PPENDAHULUAN.pdf Download (233kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923071012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923071012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923071012- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1923071012-BAB 5 PENUTUP .pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923071012- DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1923071012-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komparasi buku teks sains kurikulum Merdeka dengan buku teks sains kurikulum Cambridge. Saat ini pendidikan di Indonesia menerapkan kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang menawarkan pembelajaran intrakurikuler yang bervariasi, dengan fokus pada pengoptimalan konten agar peserta didik memiliki waktu yang cukup untuk mendalami konsep secara mendalam dan memperkuat kompetensi. Perubahan kurikulum berdampak pada buku teks yang digunakan dalam pembelajaran. Kualitas buku teks kurikulum Merdeka yang masih belum sesuai sehingga masih banyak sekolah yang memilih menggunakan buku teks sains dengan kurikulum yang berbeda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan peneliti sebagai istrumen kunci dan beberapa instrumen bantuan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa perbedaan isi topik yang dibahas pada buku teks sains kurikulum Merdeka dan kurikulum Cambridge. Buku teks kurikulum Merdeka membahas topik secara terbatas namun mendalam, sedangkan kurikulum Cambridge membahas topik beragam secara singkat dan jelas. Ilustrasi pada buku teks sains kurikulum Cambridge lebih baik dari pada buku teks sains kurikulum Merdeka. Dari sisi Glosarium dan indeks, buku teks sains kurikulum Merdeka lebih lengkap dibandingkan dengan buku teks sains kurikulum Cambridge. Kedua buku tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, buku tersebut dapat digunakan sebagai bahan ajar pokok dan juga bahan ajar penunjang untuk menambah wawasan peserta didik dan refrensi guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Teks Sains, Komparasi, Kurikulum Merdeka, Kurikulum Cambridge |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Komang Mega Astriani |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 08:44 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 08:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21959 |
Actions (login required)
View Item |