NOVIARINI, NI PUTU (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Media Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SD Gugus VIII Mengwi Badung Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Genesha.
Text (COVER)
1611031117-COVER.pdf Download (995kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031117-ABSTRAK.pdf Download (24kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031117-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (182kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031117-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031117-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031117-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031117-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031117-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031117-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media peta konsep terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus VIII Mengwi Badung tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas IV SD Gugus VIII Mengwi Badung yang berjumlah 252 siswa. Penelitian ini menggunakan 2 kelompok sampel yang ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling dan telah melewati uji kesetaraan. Kelompok eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas IV SD No 1 Mengwi yang berjumlah 39 siswa sedangkan kelompok kontrol dalam penelitian ini adalah kelas IVB SD No 3 Mengwi dengan jumlah 38 siswa. Dalam proses pengumpulan data, metode tes dipilih sebagai instrumen dengan jenis tes objektif pilihan ganda biasa. Data post test yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Rata-rata nilai post test kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen yaitu 82,46 dan kelompok kontrol yaitu 76,26. Berdasarkan hasil analisis dengan uji t, diperoleh harga thitung = 3,668 > ttabel = 1,992 dengan taraf signifikansi 5% serta dk = 75 sehingga Ho ditolak yang berarti adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok sampel. Maka disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media peta konsep memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus VIII Mengwi Badung tahun ajaran 2019/2020. Kata kunci: Numbered Head Together, Peta Konsep, IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Numbered Head Together, Peta Konsep, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI PUTU NOVIARINI |
Date Deposited: | 25 Jul 2020 01:45 |
Last Modified: | 25 Jul 2020 01:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2202 |
Actions (login required)
View Item |