Trisusilo, I Kadek Kris (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRASFERRING) BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KUBU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
201311072_COVER.pdf Download (503kB) |
|
Text (ABSTRAK)
201311072_ABSTRAK.pdf Download (78kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
201311072_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
201311072_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
201311072_BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
201311072_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
201311072_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
201311072_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
201311072_LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika dikarenakan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang cenderung teacher-centered, yang ternyata membuat siswa cenderung pasif karena hanya mendengarkan saat proses pembelajaran berlangsung sehinga peserta didik kurang memahami materi serta belum paham langkah-langkah pada pemecahan masalah. Siswa dalam mengerjakan soal tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, peserta didik hanya menuliskan hasil akhir saja tanpa memeriksanya kembali. Guru juga belum memanfaatkan penggunaan media pembelajaran elektronik (E-LKPD). Hal inilah yang menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik dalam menjawab soal. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran REACT berbantuan E-LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini terdiri dari siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kubu dengan banyaknya 234 orang siswa yang terdistribusi kedalam 7 kelas, yang kemudian dilakukan pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 68 orang siswa yang terdistribusi kedalam 2 kelas. Setelah data terkumpul, dilakukan analisis menggunakan Uji-T (Independent t-test) dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang dilakukan, didapat Hasil Sig.0.00.< 0,05 sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. tersebut menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan model pembelajaran REACT berbantuan E-LKPD lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, model pembelajaran REACT memberikan pengaruh/dampak yang positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika, E-LKPD, REACT |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Kadek Kris trisusilo |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 07:08 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 07:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22276 |
Actions (login required)
View Item |