Dewi, Putu Krisna Sandra (2020) PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING BERBASIS REINFORCEMENT TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS LETDA KAJENG KECAMATAN DENPASAR UTARA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031249-COVER.pdf Download (508kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031249-ABSTRAK.pdf Download (111kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031249-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (238kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031249-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031249-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031249-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031249-BAB 5 PENUTUP .pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031249-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031249_LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching berbasis reinforcement terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN Gugus Letda Kajeng Kecamatan Denpasar Utara tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yaitu quasi experiment dengan bentuk Non-Equivalent Control Grup Design. Populasinya ialah seluruh kelas V SDN Gugus Letda Kajeng Kecamatan Denpasar Utara tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 9 kelas, 253 siswa. Penentuan sampel dengan teknik random sampling sehingga terpilih kelas VB SDN 4 Pemecutan sebanyak 36 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VA SDN 14 Pemecutan sebanyak 32 siswa sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan metode tes berupa tes pilihan ganda biasa sebanyak 36 soal. Selanjutnya dianalisis dengan uji-t polled varian. Hasil dari penelitian yang dilakukan dengan diterapkan model Reciprocal Teaching berbasi reinforcement berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa dibandingkan dengan siswa dibelajarkan pembelajaran konvensional. Ini dibuktikan rata-rata kelompok eksperimen = 68,583 > kelompok kontrol = 63,438. Berdasarkan hasil analisis diperoleh harga thitung = 2,086 , dk = 66 dan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 1,997. Dengan demikian, harga thitung = 2,086 > ttabel = 1,997, maka H0 ditolak sehinga adanya perbedaan signifikan kompetensi pengetahuan IPA terhadap kedua kelompok sampel. Sehingga disimpulkan, model Reciprocal Teaching berbasis reinforcement berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN Gugus Letda Kajeng Kecamatan Denpasar Utara tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reciprocal Teaching, reinforcement, kompetensi pengetahuan IPA. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | PUTU KRISNA SANDRA DEWI |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 01:20 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 01:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2236 |
Actions (login required)
View Item |