Rusmaladewi, Ayu (2024) Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Banjar Jawa Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031289-COVER.pdf Download (495kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031289-ABSTRAK.pdf Download (236kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031289-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (287kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031289-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031289-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031289-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031289-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031289-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031289-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Dalam hal belajar, pola asuh memiliki dampak yang signifikan terhadap anak. Perlakuan, instruksi, dan dukungan orang tua dapat berdampak signifikan terhadap perkembangan keterampilan dan pengetahuan anak saat mereka tumbuh menjadi orang dewasa. Sebagian besar siswa masih memiliki minat yang rendah terhadap ilmu pengetahuan alam dan kurang tertarik untuk belajar sains, sehingga belum bisa menerapkannya dalam kegiatan harian mereka. Pola asuh yang kurang mendukung dan kurang menginspirasi dapat menyebabkan hal ini. Untuk meningkatkan keterampilan literasi sains siswa dalam hal sikap, penelitian ini berupaya mengidentifikasi hubungan yang relevan antara metode pengasuhan dan kemampuan literasi sains. Penelitian korelasional ex post facto ini menggunakan sampel sebanyak 30 orang dengan pengambilan sampel acak sebagai metode yang digunakan dan mengandalkan kuesioner dalam pengumpulan data. Kemampuan literasi sains kelas IV SD Negeri 1 Banjar Jawa berkorelasi signifikan dengan gaya pengasuhan orang tua mereka, menurut temuan penelitian ini. Ada nilai signifikan secara statistik sebesar 0,000 <0,05 untuk gaya pengasuhan demokratis. Karena penerapan praktik pengasuhan yang sehat telah terbukti meningkatkan literasi sains anak-anak, kita dapat menyimpulkan bahwa hipotesis ini Ha diterima dan H0 ditolak, yang menunjukkan korelasi yang kuat antara keduanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola asuh orang tua, kemampuan literasi sains. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | AYU RUSMALADEWI |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 09:45 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 09:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22441 |
Actions (login required)
View Item |